Support Me for Kerala Blog Express Session 5 from Indonesia


Dua tahun lalu…

“Kak Deddy ya?” sapa seorang pria bertubuh sedang dengan menggenakan topi.

“Ya, siapa ya?” tanya saya balik saat itu. Seketika saya jadi jumawa begitu ada orang yang mengenali saya tapi saya tidak mengenali dia.

“Haryadi, kak, aku yang ikutan jadi kontributor Hello Palembang,” serunya sambil tersenyum dengan garis mata hampir segaris itu.

Kami berjabat tangan dan otak saya kembali mengingat namanya dan saya ingat dia. Itulah awal pertama perkenalan saya dengan Yayan a.k.a omnduut di sebuah acara pertemuan forum yang diadakan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumsel. Kemudian, kopdar kami kedua dilakukan di Kampung Arab Al-Munawwar 13 Ulu.

Saya saat itu masih belum tahu apa-apa tentang dunia traveling dan memang sedang menghidupkan kembali blog saya. Namun, dari cerita-ceritanya Yayan membuat saya kagum atas pengalaman serta wawasan traveling-nya.

“Jadi kamu ke India, yan? Gratis? Ke Kerala?” seruku saat itu yang lebih familiar dengan nama India tapi tidak dengan Kerala. Saat itu Yayan hanya minta doanya saja sebab officially pengumuman kompetisinya belum diumumkan sehingga tidak bisa dikatakan akan berangkat. Namun, saya pribadi merasa senang mendengar ada orang yang akan berangkat, sebab itu semacam semangat positif yang menular.

Saat itu saya hanya meminta sama Yayan untuk dibuatkan tulisan ala-ala dengan latar pemandangan Kerala yang indah : Kapan ke India?

Doakan saja aamiin dan segera. Itu yang saya ucapkan dalam hati.

Begitulah cerita saya dua tahun lalu tahu tentang Kerala dan mengenal sosok Yayan yang pada saat itu masih memanggilku “kakak”. Naluri saya saat itu kan jadi merasa punya adik saat dia memanggil dengan panggilan tersebut. Tapi, akhirnya Yayan sudah tidak lagi memanggil saya dengan sebutan “kakak” bhuahahaha…

Kerala itu Unik

Saya dibikin penasaran untuk mencari tahu tentang Kerala, kota yang berada di selatan India. Kota Thiruvanathapuram merupakan kota terbesar sekaligus ibukota provinsi Kerala. Dengan luas sekitar 1,2 persen dari keseluruhan luas India, dan dengan jumlah penduduk sebanyak 3,2 persen dari populasi India, Kerala adalah sebuah negara bagian yang secara politik dikuasai oleh Partai Komunis India.

Serius saya ingin datang ke negara yang dikuasai oleh partai komunis? Sure, why not?

Mengapa Kerala penting dibicarakan? Saat melihat gambar yang dikirimkan oleh Yayan, saya melihat kerala sebagai tanah kelapa yang terletak antara Laut Arab di barat dan Ghats Barat ke Timur di wilayah selatan India di Asia. Cerita mengenai Kerala dikenal termasuk masyarakat India terbersih dan paling maju dengan seratus persen melek huruf. Seolah Kerala seluruh diberkati dengan keindahan alam yang melimpah.

Secara kultural, Kerala juga merupakan satu-satunya negara bagian di India, dimana kerukunan beragama terjalin secara alamiah dengan tingkat toleransi yang tinggi. Sesuatu yang bagi India keseluruhan masih membutuhkan perjuangan panjang, berdarah, dan melelahkan. Dan kalian tahu sendiri bukan kalau saya senang sekali menikmati perjalanan menelusuri sejarah, bangunan dan budaya termasuk masyarakat lokal.

Pernah Gagal Tapi Saya Bangkit Kembali

Tahun berikutnya, Yayan memberitahu saya kalau Kerala Blog Express Session 4 akan dibuka jadi saya perlu persiapkan diri untuk pendaftaran kompetisi kalau masih berminat ikutan. Tentu saja dong saya tidak ingin menyiakan kesempatan untuk mendaftar dan mendapatkan pengalaman #TripOfALifetime dua minggu di Kerala.

Saya dengan modal semangat mulai melakukan pendaftaran menjadi partisipan. Who knows God plan saya bisa lolos di session 4 saat itu. Namun, rejeki berkata lain saya pun tidak masuk sebagai partisipan sehingga saat itu saya hanya bisa memberikan suara vote saya untuk semua partisipan negara kita, ya Indonesia.

kerala-blog-express
Bang Indra dan Yayan

Ternyata di Kerala Blog Express session 4 diwakilkan oleh Bang Indra, asal Lampung. Dan saya baru pertama kali jumpa dia saat perjalanan ke Krui dan berjumpa dengan dia yang menjemput saya dan Yayan di stasiun kereta. Ya ampun… saya berjumpa langsung sama bang Indra yang notabene sedang mempersiapkan diri untuk berangkat ke Kerala dalam beberapa waktu lagi.

Kami tiba di rumah dan sudah melihat koper besar yang akan dia gunakan untuk berangkat ke Kerala selama 2 minggu. Dalam hati terbesit, tahun depan pasti giliran saya.

Jadi Duta Bangsa untuk Kerala Blog Express Session 5

Bermodal informasi yang saya baca di internet, serta semangat cerita dari teman-teman saya yang sudah pernah mengikuti Kerala Blog Express mulai dari session 1 (Taufan Gio & Dina “Dua Ransel”), 2 (Donna Imelda), 3 (Haryadi Yansyah), dan 4 (Indra Pradya) maka saya pun memberanikan diri untuk mengikuti Kerala Blog Express session 5 di tahun 2018 ini.

Alhamdulillah, ada nama saya masuk sebagai partisipan di Kerala Blog Express Session 5 bersama beberapa nama blogger lainnya asal Indonesia. Ya, saya sedang berjuang untuk mendapatkan dukungan dari kalian, agar salah satu atau salah dua dari kami bisa terpilih dari Indonesia untuk #TripOfALifetime di Kerala selama dua minggu.

Para partisipan Kerala Blog Express Session 5 asal Indonesia

Kerala Blog Express adalah pertemuan tahunan para blogger yang diadakan Departemen Pariwisata Kerala, India. Kali ini bagian wilayah Kerala, India mengundang para pejalan di seluruh dunia, Setiap tahunnya terpilh 30 blogger terpilih untuk mengambil bagian di kegiatan road trip selama dua minggu.

Ikutin cara votingnya sebagai berikut ya:

  1. Buka https://goo.gl/e1c5Ub

  2. Pada halaman login, daftarkan diri Anda sebagai VOTER (pilih “Register with Email”). Isi nama, email, dan password untuk login ke situs voting.

  3. Nanti akan ada email masuk untuk memvalidasi data. Agar voting kalian bisa terhitung valid.

  4. Masuk kembali ke halaman voting (Menu Entries) dan tekanlah tombol “VOTE NOW” pada nama saya.

  5. Voting akan valid saat tombol VOTE NOW berubah menjadi VOTED.

Gaes, sebelum kalian berkata : Enak sekali ya jalan-jalan gratis. Saya akan meluruskan pandangan dari kalian bahwa apa yang terlihat enak saat jalan-jalan yang bersponsor tentunya tidak serta merta gratis. Sebab saya harus menukarnya dengan tulisan dan foto agar kalian bisa ikut menikmati apalagi menjadi inspirasi. Demi apa? Masing-masing kita memiliki passion yang bisa membuat kita rela melakukannya. Saya pun demikian.

If you are think more, salah satu manfaat dari mengikuti Kerala Blog Express ini kita secara tidak langsung menjadi duta bangsa untuk mengenalkan indahnya Indonesia sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia memiliki alam yang sangat indah. Sehingga akan menjadi kesempatan bagi mereka dari luar sana untuk datang ke Indonesia. Selain itu, dapat menjadi ajang pertukaran budaya bagi kita mengenalkan asal daerah kita sendiri.

Support me for Kerala Blog Express Session 5

Kompetisi ini memang bukan saja dinilai dari banyaknya perolehan suara voting, melainkan juga dinilai dari kualitas blog serta pengaruh media sosial kita. Namun, perolehan voting juga termasuk salah satu alat ukur bagi Dinas Pariwisata Kerala untuk memilih saya.

Satu email hanya untuk satu suara saja, tapi kalian bisa memberikan dukungan ke semua partisipan Indonesia. Sehingga apabila kalian memiliki email yang banyak dan terverifikasi sudah pasti boleh memberikan dukungan lebih dari satu suara.

Siapa pun nanti yang akan berangkat di Kerala Blog Express session 5 ini adalah takdirnya. Bisa saja teman-teman blogger lain dari Indonesia yang terpilih atau memang takdirnya saya untuk berangkat. But, I’m already so wet, I’ll finish it until it’s done. Seperti kata Yayan dan Bang Indra, sudah cebur di kolam, ya kepalang basah teruskanlah.

Sebelum kalian kecewa pada saya, saya hanya ingin memberi tahu kalau tentu saya tidak bisa membalas kebaikan kalian saat memberikan voting dalam bentuk materi. Selama saya mencari dukungan voting, ada juga teman-teman blogger lain juga ikut membagikan informasi voting. Saya sangat terharu.

Apa yang bisa saya berikan pada kalian adalah cerita perjalanan dari kacamata saya di Kerala serta suguhan foto-foto cantik yang bisa menjadi bahan referensi kalian.

Mohon berkenan mendukung lokal Blogger, perwakilan Blogger dari Indonesia, di pengalaman Kerala Blog Express Season ke-5 ini dengan vote dari kamu semua. Pengumpulan voting akan ditutup hingga Rabu, 10 Januari 2018.

Matur suwun sebelumnya atas bantuan kalian yang sudah memberikan voting.

Iklan

105 thoughts on “Support Me for Kerala Blog Express Session 5 from Indonesia

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s